Riset pemasaran mempunyai beberapa peran, diantaranya ialah :
- Merupakan cara yang efektif untuk menentukan produk atau layanan (baru) yang laku jual. Contoh: melakukan survai kebutuhan jenis minuman energi baru, misalnya Ekstra Joss, Hemaviton, Lipovitan, dll.
- Merupakan sarana manajemen yang efektif dan efisien. Contoh, untuk memutuskan apakah harga suatu produk akan dinaikkan atau tidak.
- Merupakan sarana yang baik secara metodologi dan statistik.
- Merupakan proses ilmiah yang bersifat netral dan memberikan hasil yang tidak bias/valid.
- Merupakan sarana mendekatkan perusahaan dengan konsumen atau promosi secara halus.
- Dapat menunjukkan cara-cara dalam menembus hambatan-hambatan dalam proses penjualan produk/jasa. Misalnya, mengapa produk brand Saripati Ayam tidak dikenal masyarakat luas.
Tahapan dalam melakukan riset pemasaran ialah :
1. Mendefinisikan masalah,
2. Mengembangkan pendekatan masalah yang diteliti,
3. Menformulasikan desain riset,
4. Mengumpulkan data,
5. Mengolah dan menganalisis data,
6. Membuat laporan dan mempresentasikan.