Jumat, 01 Januari 2010

Peranan Dan Tahapan Dalam Riset Pemasaran

Riset pemasaran mempunyai beberapa peran, diantaranya ialah :

  • Merupakan cara yang efektif untuk menentukan produk atau layanan (baru) yang laku jual. Contoh: melakukan survai kebutuhan jenis minuman energi baru, misalnya Ekstra Joss, Hemaviton, Lipovitan, dll.
  • Merupakan sarana manajemen yang efektif dan efisien. Contoh, untuk memutuskan apakah harga suatu produk akan dinaikkan atau tidak.
  • Merupakan sarana yang baik secara metodologi dan statistik.
  • Merupakan proses ilmiah yang bersifat netral dan memberikan hasil yang tidak bias/valid.
  • Merupakan sarana mendekatkan perusahaan dengan konsumen atau promosi secara halus.
  • Dapat menunjukkan cara-cara dalam menembus hambatan-hambatan dalam proses penjualan produk/jasa. Misalnya, mengapa produk brand Saripati Ayam tidak dikenal masyarakat luas.

Tahapan dalam melakukan riset pemasaran ialah :

1. Mendefinisikan masalah,

2. Mengembangkan pendekatan masalah yang diteliti,

3. Menformulasikan desain riset,

4. Mengumpulkan data,

5. Mengolah dan menganalisis data,

6. Membuat laporan dan mempresentasikan.